-->

Khasiat Warna Makanan Untuk Kesehatan


Khasiat Warna Makanan Untuk Kesehatan

Setiap warna warni makanan dapat menunjukan khasiat yang dimilikinya. Tuhan menciptakan begitu banyak aneka ragam makanan besareta warna dan rasanya, lain warna makanan lain pula khasiat bagi kesehatan, semakin bergaram bahan makanan semakn lengkap zat gizi yang diperoleh dan manfaat bagi kesehatan tentu semakin baik.



National Cancer Institue sangat menjurkan kepada kita semua untuk menkomsumsi makanan dengan kelompok warna makanan tertentu setiap harinya. Warna Makanan yang dianjurkan yaitu warna merah, putih, biru, kuning dan unggu. tentunya warna makanan ini didapat hasil alami dari kandungan pigmen dari buah tersebut bukan warna makanan buatan. Selain warna makanan yang disebutkan di atas hijau, merah, kuning, putih, dan ungu. pada makanan pun dapat ditemukan warna jingga dan hitam.

Berikut saya akan tuliskan Daftar Khasiat Warna Makanan Untuk Kesehatan.

A. WARNA  MERAH
Bahan makanan yang dapat menghasilkan warna makanan yaitu dari buah dan sayuran sebagai berikut :
Apel merah, ceri, jeruk bali merah, delima, straubery, pir merah, semangka merah, jambu biji merah, bit, tomat, kol, bawang merah, paprika merah dan bayam merah.
Kandungan : (LIKOPEN)
Likopen adalah pigmen utama yang terdapat pada buah buahan dan sayuran berwarna merah Likopen tidak mudah ruksak dari proses pemasakan dan pengolahan, Kandungan likopen pada tomat rebus tidak jauh beda dari tomat segar.
Khasiat :
Anti Kanker, Utamanya Kanker Prosfat, Anti Oksidan, Menegah Oksidasi LDL (kolesterol Jahat), Mengatasi Diabetes, Menjaga kekuatan dan peremajaan tulang.
Phytoen dan pytofluene
Adalah komponen minor pada buah dan sayur berwarna merah.
Sumber Vitamin A
Warna makanan yang terkandung pada buah dan sayuran berwarna merah kaya akan kandungan provitamin A (Beta-Karoten) yaitu bahan baku pembentuk vitamin A.  Minum secangkir Jus tomat mengandung 1.121 IU (international Unit) Vitamin A.
Sumber Vitamin E
Warna Makanan dari Jus tomat dapat menghasilkan dan mengandung vitamin E sebanyak 11,27 mg/saji.


B. WARNA JINGGA
Bahan makanan yang dapat menghasilkan warna makanan jingga yaitu dari buah wortel, jeruk, dan pepaya.
Kandungan
Karoten
 Pigmen karotenlah yang menyebkan munculnya warna jingga pada buah dan sayur, berkhasiat :
Menjaga kesehatan mata, mencegah kanker, antioksidan, meningkatkan vitamin A pada ASI, mengurangi resiko Stroke, memiliki efek anti nyeri.

C. WARNA KUNING
Bahan makanan yang dapat menghasilkan warna makanan kuning yaitu pisang, aprikot, blewah, lemon, jeruk, markisa, mangga, nanas, melon kuning, nangka, blimbing, peah, pepaya kuning, jagung, labu parang, kuning telur dan madu.
Kandungan
Beta Cryptoxanthin : inilah pigmen embentuk warna kuning, mengandung vitamin A meskipun tidak sebanyak Karoten. Khasiatnya : sangat baik untuk mencegah osteoporosis.
Lutein dan Zeaxanthin : pigmen lain pemebntuk warna kuning, Khasiatnya : menjaga kesehatan mata, dan mengurangi kanker dan tumor.
Kalium:  Pisang kaya akan sumber kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida pada darah, Pun membantu tubuh menjadi lebih segar.
Mangan : kunyit mengandung mangan yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Bermanfaat sebagai zat pengantar dalam proses metabolisme lemak dan karbohidrat. manggan juga berperan dalam pembentukan jaringan ikat dan tulang. kunyit juga kaya akan zat besi.

D. WARNA HIJAU
Bahan makanan yang dapat menghasilkan warna makanan hijau yaitu Avokad, angur hijau, apel hijau, melon, kiwi, asparagus, dan pir hijau, bayam, brokoli, daun selada, kembang kolo, kacang hijau, daun bawang, kol hijau, daun buncir, ketimun, oyong, paprika hijau, sawi, aseledri, teh hijau dll.
Khasiatnya : berperan penting dalam penyediaan oksigen dan seluruh tubuh, anti oksidan, anti bakteri, antiparasit, antibiotika, klorifil membersihkan jaringan dari toksin, menenangkan otak secara alami, menghasilkan energi bagi tubuh, memperkuat daya tahan tubuh.
Asam Folat : Umumnya terdapat pada sayuran warna hijau tua, buah buahan, biji bijian dll :
Khasiatnya : mencegah anemia, mencegah penyakit cacar lahir, menegah penyakit, kardiovaskuler, mancegah kanker, dan mencegah penyakit alzheimer.


E. WARNA BIRU
Bahan makanan yang dapat menghasilkan Warna Makanan biru yaitu Spirulina (Ganggang hijau kebiruan, bisa digunakan sebagai bahan biskuit.)
Kandungan
Phyocyanin : Pigmen pembentuk warna biru, merupakan sumber protein yang baik, Khasiatnya : meningkatkan kekebalan tubuh, menegah timbulnya kanker, anti radang, antidioksidan, pelindung sel  otak, menghambat laju perkembangan HIV (Virus penyebab AIDS), membantu pembentukan sel darah merah, sumsum tulang dan sistem syaraf, mencegah anemia.


F. WARNA UNGU
Bahan makanan yang dapat menghasilkan Warna Makanan ungu yaitu Anggur blackberry, plum, duwet, manggis ungu, asparagus ungu, kol ungu dan terong ungu.
Kandungan
Antosionin : Inilah penghasil pigmen merah keunguan pada warna makanan buah dan sayuran, Khasiatnya : anti oksidan yang baik, sayuran ungu membantu diabetes melitus dan komplikasinya, mengurangi tingkat alergi, melindungi pembuluh darah, menurunkan kolesterol jahat.
Resveratrol :  terdapat pada buah buahan berwarna ungu, khasiatnya : mencegah enyakit jantung dan kanker, membentu regenerasi sel, membuat awet muda, meningkatkan stamina tubuh.
Ferulic Acid : Biasanya terdapat pada buah plum yang merupakan antioksidan tanggung, khasiatnya untuk mencegah kerapuhan tulang.


G. WARNA PUTIH
Bahan makanan yang dapat menghasilkan Warna Putih adalah buah duku, sirsak, touge, sawi putih, kol, bawang putih, susu, serelia. Khasiat memperlanar buang air besar, memberikan perasaan kenyang lebih lama, mengendalikan berat badan dan rasa lapar, mensehatkan saluran penernaan, mengikat lemak dan kolesterol.
Kandugan
Sumber Serat Pangan, Alisin dan Aliin : terdapat pada bawang putih, khasiat menjaga kekebalan tubuh, menekan kadar kolesterol, membunuh parasit cacing dalam tubuh.
Kalsium : paling banyak terdapat pada susu, khasiatnya bahan pertumbuhan tulang dan gigi anak.


H. WARNA HITAM
Bahan makanan yang dapat menghasilkan Warna Makanan Hitam yaitu, Tinta cumi-cumi, cingcau hitam, teh hitam.
Kandungan
Kaya Kalsium dan Fosfor : adalah bahan pembentuk jaringan keras seperti tulang dan gigi.
Tinta Cumi mengandung melanin yang merupakan sumber protein : khasiat membantu pertumbuhan sel-sel baru, mengaktifkan sel darah putih untuk memerangi tumor.
Cingcau Kaya Serat : Memelihara sistem pencernaan.
Teh hitam sumber antioksidan : Menurunkan resiko store, mencegah penyakit jantung, mencegah risiko kanker lambung.

demikian artikel berjudul khasiat warna makanan untuk kesehatan dari mybog segalaonline.blogspot.com

Khasiat Warna Makanan Untuk Kesehatan 

Khasiat Warna Makanan
khasiat warna warni makanan
khasiat warna-warni makanan oleh made astawan
khasiat warna warni makanan made astawan

No comments